Soeharto Untold Stories: Ibu Tien Tidak Mau Lagi Pak Harto Jadi Presiden, Aku Mau Pergi

Soeharto Untold Stories: Ibu Tien Tidak Mau Lagi Pak Harto Jadi Presiden, Aku Mau Pergi

“Biarlah itu diserahkan dan ditentukan oleh pemilu saja, aku sudah tidak mau lagi, aku mau pergi,” kata ibu Tien kala itu. Ternyata meski Soeharto terpilih menjadi presiden, setelah itu Ibu Tien berpulang meninggalkan pak Harto terlebih dahulu. Pada sebuah acara partai Golkar yang digelar sebelum pemilu 1996, Mien Sugandhi yang kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Urusan Peranan Wanita, mengaku dikejutkan oleh Ibu Tien Suharto yang duduk disebelahnya itu.

Dalam buku “Pak Harto The Untold Stories,” Mien Sugandhi mengaku tiba-tiba dimintai tolong oleh ibu negara, untuk menyampaikan pesan kepada seorang petinggi Golkar, untuk tidak lagi memenangkan pak Harto sebagai presiden pada pemilu 1996, karena pak Harto sudah tua, dan sudah cukup.

Perempuan yang sudah dekat dengan lingkaran pusat kekuasaan sejak zaman presiden Soekarno itupun mengaku terkejut, dan balik bertanya, siapa gerangan yang akan pantas menggantikan posisi Suharto sebagai presiden.

“Biarlah itu diserahkan dan ditentukan oleh pemilu saja, aku sudah tidak mau lagi, aku mau pergi,” kata ibu Tien kala itu seperti diingat Mien.

Akhirnya pesan tersebutpun disampaikan, namun menurut Mien Sudandhi sang petinggi Golkar tidak mempercayai bahwa ibu negara meminta hal tersebut. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sang petinggi Golkar malahan mempercayai, bahwa lebih dari seratus juta rakyat Indonesia masih menginginkan Pak Harto sebagai presiden.

Akhirnya, Suhartopun kembali memenangkan pemilihan umum untuk kesekian kalinya. Namun tak lama kemudian, situasi politik menjadi tidak kondusif, berujung pada saat Suharto mengundurkan diri sebagai presiden. Uniknya, pada tahun yang sama, ibu Tienpun meninggal dunia, akibat serangan jantung.

Suported By

My President My Hero

Sejukkan dan Majukan Indonesia dengan Opini Positif. Serukan opini dengan jujur, santun dan cerdas. Lebih baik memilih “Menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan”.

Aku Anak Indonesia yang Cinta Bangsa Ini. Aku Anak Indonesia bukan dari satu partai manapun, bukan dari satu golongan apapun atau dari kelompok lainnya. Aku Anak Indonesia yang hanya rakyat biasa.

Copyright@2012. My President My Hero: Informasi, Edukasi dan Opini Untuk Bangsa. All rights reserved

Pos ini dipublikasikan di Ibu Negara, Presiden Indonesia, Presiden Soeharto dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s