Inilah kehebatan SBY Menurut Berbagai Tokoh

Lebih baik memilih ”MENYALAKAN LILIN DARIPADA MENGUTUK KEGELAPAN”

  • Although SBY was reared in a brass-knuckles military environment, he has proven to be a capable civil administrator who’s willing to delegate responsibility to technocrats witihin his administration”. (Hannah Beech).
  • “Setidaknya ada dua hal yang menonjol dan sangat berharga, yaitu cara kerja beliau yang sistematis dan kemampuan menyerap informasi dan konsep secara cepat”. (Marie Elka Pangestu).
  • ”Hal lain yang membanggakan adalah sikap presiden yang konsisten dalam berbagai hal yang fundamental. Pertama, pro gender dan pemberdayaan perempuan; Kedua, sikap anti diskriminasi berdasarkan agama, ras, etnis, dan golongan; Ketiga, sikap konsisten terhadap conflict of interest dan korupsi dan pemisahan antara pribadi dan publik, Keempat, konsisten menganut paham demokrasi” (Marie Elka Pangestu).
  • ”Tidak saja penampilan fisik, tetapi juga tampilan dalam konsep, pemikiran dan dalam cara penyampaiannya. Dalam lima tahun terakhir, SBY telah diakui secara luas telah berhasil baik dalam menjalankan peran Presiden sebagai top diplomat Indonesia”. (Hassan Wirajuda).
  • ”Diantara talenta yang dimiliki SBY ialah kepemimpinan. SBY berhasil memadukan antara bakat leader dan bakat manager. Talenta inilah yang sesunggunya paling dominan membuat Majalah Time menempatkan SBY sebagai 100 tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2009” (Nasarudin Umar).
  • “Susilo Bambang Yudhoyono merupakan pemimpin yang visioner, sebagaimana ditunjukkan pada blue print pemerintahannya, disertai dengan pilihan-pilihan kebijakan yang didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan rasional dan terencana” (Akbar Tanjung)
  • “SBY yang mengeluarkan segenap tenaga dan pikiran, dan tidak berkeluh kesah dalam membereskan permasalahan” (Albert Hasibuan)
  • “Saya tidak pernah mengalami Presiden campur tangan dalam arti negatif terhadap kasus-kasus yang sedang ditangani oleh Kejaksaan. Seringkali SBY malah memberikan semangat dan dorongan untuk bekerja lebih keras”. (Abdul Rahman Saleh)
  • ”Presiden SBY tetap ke Kediri, bahkan bermalam di tenda bersama pengungsi. Beliau ingin melihat langsung persiapan yang dilakukan pemerintah dalam tanggap darurat terutama yang berkaitan dengan pengungsian dan pelayanan kepada pengungsi. Sebagai orang Jawa, beliau mengerti benar legenda dan mitos (bahwa penguasa yang datang ke Kediri akan jatuh). Tetapi sebagai Presiden RI, seluruh wilayah Republik Indonesia, termasuk Kediri adalah wilayah tanggung jawabnya” (Andi Mallarangeng).
  • ”Pada sejarah pendidikan SBY, beliau muncul sebagai seorang intelektual yang haus dan selalu dahaga menggali ilmu” (Arief Rachman).
  • ”Di mata masyarakat, SBY dianggap sebagai figur yang santun. Tidak pernah memaki orang, malah sering dimaki-maki lawan politiknya. Tidak pernah menyerang orang lain, tetapi lebih sering dapat serangan bertubi-tubi dari berbagai pihak. Berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan serta memilih kata-kata yang halus dalam setiap pernyataannya. Mau menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk lawan-lawan politik yang mendendamnya sekalipun”. (Arif Afandi).
  • ”Beliau sebagai konseptor ide, negarawan yang sabar dan sistematis dalam berpikir dan melaksanakan tugasnya, santun dan correct”. (Burhan D. Magenda.
  • ”Presiden SBY begitu memperhatikan ketika saya bercerita soal pertandingan yang baru saja dijalani. Beliau mendengarkan dengan sungguh-sungguh, dan selalu memberi pesan agar saya terus berusaha keras untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional lewat olahraga. Satu hal lagi, beliau selalu menonton jika saya bertanding”. (Chris John).
  • “Saya mengamati Presiden SBY banyak hadir di berbagi pertemuan dan undangan, benar-benar ringan kaki. Saya menjadi pembantu dan staf, harus siap lelah juga untuk menghadiri undangan Konferensi, Workshop dan Seminar apapun bentuknya, hal mana sepanjang beliau ada waktu, beliau selalu memenuhinya”. (Da’i Bachtiar)
  • Sedangkan tokoh muda Moh. Jumhur Hidayat menyatakan bahwa SBY telah memunculkan energi positif bagi pembenahan-pembenahan di berbagai bidang kehidupan, dan berani mengambil resiko dengan memberinya ruang bagi generasi muda untuk ikut berkarya dalam rangkaian estafet kepemimpinan nasional (hal 235-236). Mungkin judul buku ”Energi Positif” ini juga diilhami oleh pernyataan Moh. Jumhur Hidayat diatas, yang saat ini diberi amanah sebagai Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).
  • Apabila kita tengok ke tempat yang cukup dekat di kawasan ASEAN, masih ada negara yang pemimpinnya muncul karena kudeta. Atau bila kita tengok lebih luas ke negara-negara berpenduduk muslim yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI), banyak diantara pemimpin negara tersebut yang berkuasa karena darah, kudeta, dan senjata. Ada sebagian yang tidak mengenal pemilu. Ada yang ’pemilu-pemiluan’. Ada negara di mana perempuan tidak bisa memilih. (Andi A. Mallarangeng)
  • Atas keberhasilan Indonesia menyelenggarakan pemilihan presiden yang demokratis tersebut, the International Association of Political Consultants memberikan anugerah Democracy Medal Award kepada Presiden SBY dan Rakyat Indonesia pada November 2007.
  • Ben Goddard, President the International Association of Political Consultants, memberikan endorsement: “the people of Indonesia, through their courage and their peaceful commitment to the electoral process, with their respect for the rights and responsibilities of each eligible voter, have demonstrated an important truth to a troubled world. Islam and democracy can not only coexist, they are compatible, durable and can be protective each other. The citizens of Indonesia have proven all who would doubt that priciple wrong”. (Ben Goddard)
  • “Semaraknya demokrasi dalam sistem dan kehidupan politik yang terbuka, berkembangnya kebebasan pers, terselenggaranya keamanan, upaya pengembangan good governance, penegakan hukum khususnya pemberantasan korupsi, dan kokohnya solidaritas anak bangsa, merupakan aset penting yang memperkuat upaya dan kerjasama pembangunan ekonomi” (Theo L Sambuaga)
  • “Harus diakui, Pemerintahan Yudhoyono banyak melakukan banyak hal untuk meningkatkan kualitas rule of law di Indonesia, yang paling mencolok adalah dengan memerangi korupsi secara agresif. Hak-hak dasar konstitusional kita, termasuk kebebasan berekspresi, tetap terjaga. Kekuasaan kehakiman sekarang ini, mungkin bisa dikatakan yang paling independen selama reformasi berjalan. Civil society kita sekarang juga cukup independen dan punya pengaruh dalam proses pengambilan keputusan kebijakan publik. (Bara K. Hasibuan).
  • During SBY’s presidency, Indonesia has succeeded in achieving greater national unity by bringing stability to conflict areas, incerasing its economic growth rate by approximately 6 %, achieving self – sufficiency in the production of rice, and achieving  outstanding results in terms of combating corruption and advancing democracy”. (Lee Myung Back – President of The Republic of South Korea).

sumber: Energi Positif, Opini 100 Tokoh mengenai Indonesia di Era SBY Dr.Dino Patti Djalal

 

Suported By

My President My Hero

Sejukkan dan Majukan Indonesia dengan Opini Positif. Serukan opini dengan jujur, santun dan cerdas. Lebih baik memilih “Menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan”.

Aku Anak Indonesia yang Cinta Bangsa Ini. Aku Anak Indonesia bukan dari satu partai manapun, bukan dari satu golongan apapun atau dari kelompok lainnya. Aku Anak Indonesia yang hanya rakyat biasa.

Copyright@2012. My President My Hero: Informasi, Edukasi dan Opini Untuk Bangsa. All rights reserved

Pos ini dipublikasikan di Presiden Indonesia, SBY My President dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s