Ternyata Satrio Piningit Itu Dahlan Iskan

Ternyata Satrio Piningit Itu Dahlan Iskan

 

Dahlan Iskan adalah sosok Rising Star yang harus diperhitungkan menjadi pemimpin bangsa ini. Tampaknya keputusan paling baik SBY selama dalam pemerintahannya adalah memilih Dahlan Iskan sebagai calion menteri BUMN. Kehebatan ide kreatif, kesederhanaan, visi hidup, kerja keras dan keuletannya tampaknya kekuatan dahsyat Dahlan yang pantas menjadi satrio piningit  pemimpin bangsa ini. Sejarah bangsa ini selalu mencatat bahwa para pemimpinnya lahir berdasarkan satrio piningit, yang tidak pernah diperhitungkan orang dan tidak pernah digembar-gemborkan orang sebelumnya. Satrio Piningit ini tampaknya mempunyai potensi dan kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi permasalahan bangsa ini ada pada sosok Dahlan Iskan. Dahlan bukan hanya piwai dalam menulis tetapi sangat jenius dalam berpikir dan sangat hebat dalam bertindak. CEO terbaik Indonesia ini selalu dikenal tangan dingin dalam setiap apa yang dikerjakannya harus menjadi alternatif terbaik sebagai RI-1 saat Indonesia dilanda krisis kepemimpinan.

Prinsip hidup yang ihlas dalam bekerja adalah salah satu kunci terbesar kehebatannya. “Saya memilih berumur pendek tapi bermanfaat, daripada umur panjang tapi  tidak bisa berbuat banyak. Jalan pikiran saya itu biasanya saya  ungkapkan ke teman-teman dengan istilah intensifikasi umur,” Setelah umurnya diperpanjang karena transplantasi hati, dia bertekad mempunyai hidup ke dua yang harus dibaktikan pada negeri dan masyarakat bangsa ini.

Kesederhanaannya juga merupakan pesona terhebatnya dalam berperilaku dan bertindak. Kesederhanaan Dahlan tampak dari penampilannya yang hanya selalu menggunakan baju tanpa jas dan sepatu kets meski harus menghadap ke Presiden sekalipun. Baju panjang dan lengan atas digulung adalah kesederhanaan yang muncul darinya.  Saat menjadi direktur PLN bahkan Dahlan mengakui tidak mengetahui gajinya. Dahlan menyatakan dirinya tidak pernah membuka atau menggunakan amplop yang diterimanya tiap bulan dari perusahaan listrik milik negara tersebut. Dia menduga gaji tersebut lebih rendah dibandingkan gajinya sewaktu menjadi Bos Grup Jawa Pos. Dengan polos dan bersahaja dia mengatakan  “Buat apa saya menerima gaji, toh uang dan harta saya sudah banyak dan masih cukup untuk menghidupi anak dan cucu saya, kalaupun dikasih fasilitas rumah dan mobil pun mungkin buat saya belum perlu karena saya sudah memiliki rumah dan mobil yang harganya jauh lebih mahal dari fasilitas yang nantinya harus saya terima”. Kesederhanaan ini adalah pesona besar yang dapat membuat bangsa ini lebih efisien dan merobohkan benih-benih korupsi yang ada.

Kerja keras, keuletan dan sering turun langsung ke lapangan adalah kekuatan besar lainnya sebagai modal pemimpin bangsa ini. Tidak seperti pemimpin lain yang hanya senang di bawah meja. Dahlan bahkan berjalan di depan anak buahnya dengan naik gunung, menyeberang sungai atau melewati hutan saat harus meninjau daerah terpencil yang tidak punya listrik. Dahlan berjalan cepat, berpikir cepat, bertindak cepat  dan selalu berpikir kreatif adalah kehebatannya saat menemui masalah di daerah terpencil itu.  Dahlan pernah mengatakan bahwa kendala terbesar bangsa ini adalah hambatan pada bawahan dalam melaksanakan instruksi. Bahkan SBYpun juga mengeluh ulah menterinya, bahwa hampir 50% intruksinya tidak dijalankan. Bagi Dahlan bukan sekedar mengeluh tetapi harus turun ke lapangan.

Keberanian dan ide hebat tampaknya ada dalam diri satrio pingit ini. Keberanian dalam melaksanakan ide hebat adalah kekuatan terbesar Dahlan. Tidak seperti pemimpin bangsa ini yang hanya berani mengeluarkan ide dan program kerja tetapi saat melaksanakannya tidak berani bertindak. Ide kreatif dan segar selalu membawa  pembaharuan bagi  PLN. Upacara setiap tanggal 17 dihapus, perjalanan dinas dikurangi, pemberian cinderamata dan piagam dihentikan, rapat-rapat diefisiensikan jika tidak terlalu urgen, tidak harus dihadiri  direksi. Meski pun gaji tidak naik, namun bonus-bonus atas keberhasilan meningkatkan konerja diberikan sebagai  hak karyawan yang berprestasi.  Lalu pembangunan pembangkit listrik  tenaga hidro dan surya digenjot untuk melayani sekitar  35% penduduk negeri  ini yang belum mendapat  aliran listrik.

Dahlan Iskan menjadi salah satu dari 25 penerima penghargaan “Inspiring Leader” Award dari harian Seputar Indonesia Koran Sindo. Keteladanan dan komitmen yang ditunjukkan oleh seorang Dahlan Iskan dalam memimpin PLN, BUMN dibidang kelistrikan hanya dalam kurun 2 tahun terakhir yang dinilai membawa banyak perubahan yang positif. Dahlan berhasil dalam membangun dan memperbaiki pelayanan PLN dalam menyediakan pasokan listrik secara nasional. Selain itu Dahlan Iskan juga dinobatkan sebagai Marketer of the year 2010 versi Majalah Marketeers Indonesia. Dahlan dipilih karena dianggap sebagai marketer terbaik tahun ini dari berbagai kategori bisnis.

Dahlan saat ini masih menjabat CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos Group, yang bermarkas di Surabaya. Jabatan terakhir adalah  Direktur Utama PLN sejak 23 Desember 2009. Karier Dahlan Iskan dimulai sebagai calon reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda (Kalimantan Timur) pada tahun 1975. Tahun 1976, ia menjadi wartawan majalah Tempo. Sejak tahun 1982, Dahlan Iskan memimpin surat kabar Jawa Pos hingga sekarang.

Kiprah Dahlan Iskan Yang luar biasa

Dahlan Iskan adalah sosok yang menjadikan Jawa Pos yang waktu itu hampir mati dengan oplah 6.000 ekslempar, dalam waktu 5 tahun menjadi surat kabar dengan oplah 300.000 eksemplar. Lima tahun kemudian terbentuk Jawa Pos News Network (JPNN), salah satu jaringan surat kabar terbesar di Indonesia yang memiliki 134 surat kabar, tabloid, dan majalah, serta 40 jaringan percetakan di Indonesia.

Pada tahun 1997 ia berhasil mendirikan Graha Pena, salah satu gedung pencakar langit di Surabaya, dan kemudian gedung serupa di Jakarta. Pada tahun 2002, ia mendirikan stasiun televisi lokal JTV di Surabaya, yang kemudian diikuti Batam TV di Batam dan Riau TV di Pekanbaru.Saat ini harian Jawa Pos meraih prestasi luar biasa dengan mendapatkan penghargaan tertinggi Newspaper of the Year, World Young Reader Prize 2011. Pengumuman resminya dirilis Asosiasi Penerbit Dunia, WAN-IFRA, di Paris, Prancis, (19/8, Sabtu. WAN-IFRA (World Association of Newspapers and News Publishers) menyebutkan daftar pemenang dalam berbagai kategori. Jawapos telah menyingkirkan harian besar di dunia lainnya seperti Yomiuri Shimbun (Jepang), Chicago Tribune, dan Wall Street Journal (Amerika Serikat). Sejak awal 2009, Dahlan adalah sebagai Komisaris PT. Fangbian Iskan Corporindo (FIC)yang akan memulai pembangunan Sambungan Komunikasi Kabel Laut (SKKL) pertengahan tahun ini. SKKL ini akan menghubungkan Surabaya di Indonesia dan Hong Kong. Dengan panjang serat optik 4.300 kilometerSejak akhir 2009,

Dahlan diangkat menjadi direktur utama PLN menggantikan Fahmi Mochtar yang dikritik karena selama kepemimpinannya banyak terjadi mati lampu di daerah Jakarta. Semenjak memimpin PLN, Dahlan membuat beberapa gebrakan diantaranya bebas byar pet se Indonesia dalam waktu 6 bulan, gerakan sehari sejuta sambungan. Dahlan juga berencana membangun PLTS di 100 pulau pada tahun 2011. Sebelumnya, tahun 2010 PLN telah berhasil membangun PLTS di 5 pulau di Indonesia bagian Timur yaitu Pulau Banda, Bunaken Manado, Derawan Kalimantan Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Citrawangan.

Melihat kehebatan dan pesona Dahlan Iskan tampaknya merupakan tanda-tanda satrio piningit untuk menjadi pemimpin bangsa ini. Jarang sekali kehebatan, kesederhanaan, kejeniusan, kerja keras, keuletan dan kejujuran bersatu dalam seorang pemimpin. Tampaknya potensi besar pada sosok Dahlan jangan pernah diabaikan oleh bangsa ini yang saat ini sedang dalam krisis kepemimpinan. Bila partai politik ingin menjadi hebat dalam kancah pemilihan umum tahun 2014 maka harus segera mengandalkan potensi Dahlan Iskan sebagai salah satu calon pemimpin bangsa ini. Bila partai politik tidak peka dan tidak cerdas maka sinyal alam yang ditunjukkan seorang Dahlan akan diabaikan. Bila itu terjadi maka sebaiknya sekelompok orang yang idealis dan peduli terhadap bangsa ini harus membuat kekuatan politik untuk mengangkat seorang mutiara pemimpin bangsa ini yang selama ini tidak pernah tampak. Tampaknya tanda dan gejala kehebatan  Satrio Piningit Dahlan Iskan harus segera direspon oleh bangsa ini. Bila bangsa ini menyia-nyiakan Satrio Piningit ini menjadi pemimpin bangsa RI-1, paling tidak pesona kehebatan ide kreatif, keberanian, kesederhanaan, visi hidup, kerja keras dan keuletannya dapat menjadi sumber inspirasi semua pemimpin negeri ini.

sumber : kompasiana, Widodo judarwanto

Suported By

My President My Hero

Sejukkan dan Majukan Indonesia dengan Opini Positif. Serukan opini dengan jujur, santun dan cerdas. Lebih baik memilih “Menyalakan lilin dari pada mengutuk kegelapan”.

Aku Anak Indonesia yang Cinta Bangsa Ini. Aku Anak Indonesia bukan dari satu partai manapun, bukan dari satu golongan apapun atau dari kelompok lainnya. Aku Anak Indonesia yang hanya rakyat biasa.

Copyright@2012. My President My Hero: Informasi, Edukasi dan Opini Untuk Bangsa. All rights reserved

Pos ini dipublikasikan di Opini Rakyat, Presiden Masa Depan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s